Epiglotiditis

Epiglotiditis akut merupakan inflamasi epiglotis yang cenderung menjadikan obstruksi jalan napas. Gangguan ini biasanya menyerang bawah umur berusia 2 hingga 8 tahun. Epiglotiditis merupakan keadaan darurat kritis yang dapat berakibat fatal pada 8% hingga 12% korban, kecuali kalau diketahui dan ditangani dengan cepat dan tepat.


merupakan inflamasi epiglotis yang cenderung menjadikan obstruksi jalan napas Epiglotiditis

Penyebab Epiglotiditis

- Infeksi hameophilus influenzae tipe B (Hib)
- Infeksi pneumokokus dan streptokokus kelompok A (kadang-kadang)

Tanda dan Gejala Epiglotiditis

- Susah bernapas, diindikasikan oleh hiperekstensi leher, posisi duduk tegak-lurus namun condong ke depan, dengan ekspresi terbuka, pengecap menjulur dan lubang hidung mengembang
- Obstruksi jalan napas atas menyeluruh dalam waktu 2 hingga 5 jam sehabis serangan
- Air liur menetes
- Disfagia
- Demam tinggi
- Retraksi dan ronki inspiratorik
- Iritabilitas dan gelisah
- Obstruksi laringeal akhir inflamasi dan edema epiglotis
- Sakit tenggorokan 
- Bunyi mendengkur

Uji Diagnostik

- Pada Epiglotiditis akut, pemeriksaan tenggorokan mengatakan epiglotis yang besar, mengalami edema, dan berwarna merah terang. Pemeriksaan semacam ini sebaiknya dilakukan sehabis sinar-X leher lateral dan secara umum sebaiknya tidak dilakukan kalau diduga obstruksinya besar atau tidak memungkinkan untuk dilakukan intubasi segera.

Tindakan Penanganan

- Anak yang menderita Epiglotiditis akut  dan obstruksi jalan napas dapat memerlukan intubasi ET darurat atau trakeotomi dan sebaiknya dipantau dalam unit perawatan intensif
- Pemberian cairan parenteral diharapkan untuk mencegah dehidrasi
- Indikasikan rangkaian antibiotik parenteral selama 10 hari (biasanya ampisilin, kalau anak alergi terhadap penisilin, ganti dengan chloramphenicol atau antibiotik lain)
- Kortikosteroid dapat diberikan untuk mengurangi edema ketika penanganan awal
- Terapi oksigen dan pemantauan kadar gas darah arterial mungkin sangat diperlukan
- Vaksin Hib direkomendasikan sebagai tindakan pencegahan oleh perguruan pediatrik amerika yang dimulai ketika anak berusia 2 bulan dan dilanjutkan sebesar 3 atau 4 takaran (tergantung pada pembuatnya).

Info artikel menarik lain silahkan baca Epicondilitis (Epicondylitis), sedang untuk infomasi alat kedokteran & alat kesehatan silahkan kunjungi www.duniaalatkedokteran.com.

0 Response to "Epiglotiditis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel