Pengenalan Penyakit Tbc (Tuberculosis)

Penyakit TBC (Tuberculosis) ialah penyakit nanah yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini paling sering menyerang paru-paru walaupun pada sepertiga masalah menyerang organ tubuh lain dan ditularkan orang ke orang. Ini juga salah satu penyakit tertua yang diketahui menyerang manusia.

 ialah penyakit nanah yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis Pengenalan Penyakit TBC (Tuberculosis)

Di Indonesia setiap tahunnya bertambah dengan seperempat juta masalah gres penyakit TBC dan sekitar 140.000 ajal terjadi setiap tahunnya disebabkan oleh penyakit TBC. Bahkan, Indonesia ialah negara ketiga terbesar dengan duduk kasus penyakit TBC paru-paru di dunia.

Survei prevalensi penyakit TBC yang dilakukan di enam propinsi pada tahun 1983-1993 menawarkan bahwa prevalensi penyakit TBC di Indonesia berkisar antara 0,2 – 0,65%. Sedangkan berdasarkan laporan Penanggulangan TBC Global yang dikeluarkan oleh WHO pada tahun 2004, angka insidensi penyakit TBC pada tahun 2002 mencapai 555.000 masalah (256 kasus/100.000 penduduk), dan 46% diantaranya diperkirakan merupakan masalah baru.

Gejala Penyakit TBC
- Demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama, biasanya dirasakan malam hari disertai keringat malam. 
- Penurunan nafsu makan dan berat badan.
- Batuk-batuk selama lebih dari 3 ahad (dapat disertai dengan darah).
- Perasaan tidak yummy (malaise), lemah.
- Bila terjadi sumbatan sebagian bronkus (saluran yang menuju ke paru-paru) akhir pementingan kelenjar getah bening yang membesar, akan mengakibatkan bunyi “mengi”, bunyi nafas melemah yang disertai sesak.
- Kalau ada cairan dirongga pleura (pembungkus paru-paru), sanggup disertai dengan keluhan sakit dada.

Pencegahan Penyakit TBC
Pencegahan penyakit TBC sangatlah klasik yaitu dengan menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya sebagai daya pertahanan alam. Menjauhi sumber penularan. Selain itu bagi yang biasa ke dokter, sanggup juga minta penyuntikan vaksin BCG. Seorang ibu yang menderita penyakit TBC sebaiknya tidak menyusui anaknya selama belum sembuh.

Penyakit TBC Dapat Kambuh Kembali
Seseorang yang sudah terkena penyakit TBC dan sudah sembuh sanggup terkena kembali. Hal ini sanggup terjadi jikalau kontak dengan penderita penyakit TBC lainnya masih ada, dan kondisi fisik serta lingkungan mendukung penyebaran penyakit TBC paru-paru.

Info artikel menarik lain silahkan baca Pengenalan Penyakit Asma Pada Anak.

0 Response to "Pengenalan Penyakit Tbc (Tuberculosis)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel